STRATEGI EKSEKUSI PESAN (strategi media)


Bagaimana kita akan menyampaikannya (pesan) ??

 

Tujuan kita adalah meningkatkan komunikasi yang di perhatikan oleh target audiens dan mengajaknya untuk mengadopsi perilaku yang kita kampanyekan.

Dengan memilih beberapa element komunikasi yang potensial,yaitu           :

  • Elements komunikasi
  • Gaya
  • Suara
  • Kata-kata
  • Format

 

Rasional,Emosional,Moral,dan Elemen Nonverbal

 

  • Elemen rasional

 

Focus terhadap penyampaian informasi secara langsung.

 

  • Elemen Emosional

 

Dirancang untuk menimbulkan rasa negative (takut,bersalah,dan malu) atau dapat juga menimbulkan rasa positif (humor,cinta,kebanggaan,dan rasa senang).

 

  • Elemen Moral

 

Menjelaskan pada audiens untuk merasakan mana yang benar dan pantas.

 

  • Elemen Nonverbal

 

Menyandarkan pada isyarat visual,kesan grafis,dan symbol dan bahasa tubuh dari model.

 

Tipe Gaya Eksekusi

 

Potongan dari kehidupan (menampilkan orang “khusus” dalam situasi normal)

Contoh

Seorang anak muda dan temannya sedang duduk di atas tempat tidur dan membicarakan tentang kerinduannya pada ayahnya yang meninggal karena mengonsimsi rokok,dan betapa sedih ibunya.

 

Gaya hidup (menyoroti bagaimana produk berpengaruh dalam gaya hidup)

Contoh

Para pemuda yang melakukan olahraga papan salju dan papan skate sambil merokok.Iklannya mendiskusikan tentang bagaimana bahayanya merokok terhadap kemampuan berolahraga.

 

Fantasi (membuat fantasi yang meliputi produk)

Contoh

Sekelompok pemuda

 

Mood atau kesan (membangun mood atau kesa yang kuat)

Contoh

Seorang wanita yang merokok sejak umur 10 tahun dan dia sangat sulit untuk berhenti.

 

Musikal (menggunakan lagu-lagu atau penampilan musik dalam penyampaian pesan)

Contoh

Lagu rap menyoroti tentang jenis racun dari rokok.

 

Simbol pribadi (membuat atau menggunakan model yang terkenal)

Contoh

Joe Camel tampil istimewa sebagai “Joe Chemo” dalam iklan grafis dalam figure 12.5.

 

Teknik ahli (menggunakan para ahli dalam perusahaan industri)

Contoh

Menampilkan 2 paru-paru.paru-paru perokok dan bukan perokok dan membandingkan keduanya. 

 

Bukti ilmiah (mempresentasikan statistic dan bukti )

Statistik di tampilkan di iklan televise dan majalah.Sejak kapan para pemuda mulai merokok dan seberapa kecanduankah mereka,dan seberapa cepat mereka meninggal dunia karena penyakit yang disebabkan karena rokok.

 

Testimoni dari endorser (menampilkan karakter yang mempunyai pengalaman menggunakan produk)

Contoh

Seorang wanita muda membicarakan tentang dia akan ridu ibunya,yang sekarat karena isema dan hanya bias bernafas dengan tabung oksigen.

 

Mencoba untuk “Ide yang Besar”

 

Seperti penggambaran Kotler dan Armstrong,

 

Strategi pesan cenderung sederhana,skema yang terus terang tentang keuntungan dan posisi point yang di titik beratkan oleh pengiklan.Pengiklan harus mengembangkan dan mendorong konsep yang kreatif-atau ide besar-hal tersebut akan membawa strategi pesan di kehidupan yang nyata dan cara yang terus di ingat.

 

Contohnya pada kampanye “got milk?” dan “L’original”.

 

Tujuan dari pretesting pesan yang potensial dan eksekusi adalah  untuk menaksir kemampuan mereka dalam menyampaikan strategi dan mengembangkan sasaran dalam uraian yang kreatif.

Ketika menghadapi dengan beberapa eksekusi yang potensial,proses ini hamper selalu dapat membantu memilih opsi yang paling efektif dan mengeliminasi opsi yang tidak efektif.Hal itu menyediakan kesempatan untuk menyuling bahan untuk di produksi dan didistribusikan.

 

Pesan pretesting dan eksekusi potensial adalah masukan,khususnya ketika implikasi perekonomian dan politik signifikan.pitfall yang potensial dalam tes harus nyata dan dapat meminimalkan dengan konstruksi yang teliti dari pertanyaan dan uraian dari responden,baik bagi rekan ataupun bagi klien.

 

strategi media , ilmu komunikasi , media , massa

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desa Ketanggan,Kec. Gringsing, Kab. Batang

Contoh Naskah berita untuk presenter berita dan VO