PERANAN KOMUNIKASI MASSA

.Sejumlah muda-mudi yang lolos seleksi “indonesia Idol” di RCTI, dalam waktu yang relatif singkat menjadi artis penyanyi yang populardan memiliki banyak penggemar, sehingga konser Indonesia Idol di Sasana Budaya Ganesha Bandung dan di kota-kota besar lainnya berhasil menyedot penonton yang melimpah.
Menurut Dominick (2000) , fenomena terbentuknya selebritis di bidang keartisan atau pakar di bidang politik, ekonomi,komunikasi dsb, tidak lepas dari peran komunikasi massa dari kehidupan masyarakat. Begitu juga dalam bidang produk kebutuhan hidup. Kita mengetahui dimana supermarket menyediakan barang yang kit  perlukan karena adanya iklan pada media massa. Melalui komunikasi massa kita menjadi tahu berbagai macam informasi.
Dominick(2000) , dalam melihat fungsi kegunaan komunikasi massa, perlu dilakukan dua bentuk analisis , yakni analisis makro dan analisis mikro . kedua metode ini kadangkala memiliki hasil yang sama pada khalayak dalam menyerap informasi yang disampaikan media massa. Tetapi bukan berarti khalayak memiliki kesamaan dalam menggunakan media massa.
Gamble dan Gamble(2001) mengatakan, sejak lahir sampai meninggal , semua bentuk komunikasi memainkan peranan dan menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan manusia. Apa pun pekerjaan, kegiatan atau waktu luang seseorang, komunikasi merupakan salah satu faktor yang memiliki peranan dalam kehidupan mereka .  bila kita menganalisa bagaimana orang-orang menghabiskan waktu luang dari waktu kesehariannya dalam bekerja, maka sebagian besar aktivitas mereka dihabiskan untuk berkomunikasi.
Kita banyak menghabiskan waktu dengan berbagai bentuk komunikasi massa. Di Indonesia dengan adanya lebih dari 10 stasiun televisi nasional, ratusan radio, ratusan surat kabar dan majalah, serta ratusan bioskop-bioskop di mall, banyak orang yang diterpa atau menerpakan diri pada madia massa tsb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desa Ketanggan,Kec. Gringsing, Kab. Batang

Contoh Naskah berita untuk presenter berita dan VO