PERANAN KOMUNIKASI MASSA
.Sejumlah
muda-mudi yang lolos seleksi “indonesia Idol” di RCTI, dalam waktu yang relatif
singkat menjadi artis penyanyi yang populardan memiliki banyak penggemar,
sehingga konser Indonesia Idol di Sasana Budaya Ganesha Bandung dan di
kota-kota besar lainnya berhasil menyedot penonton yang melimpah.
Menurut
Dominick (2000) , fenomena terbentuknya selebritis di bidang keartisan atau
pakar di bidang politik, ekonomi,komunikasi dsb, tidak lepas dari peran
komunikasi massa dari kehidupan masyarakat. Begitu juga dalam bidang produk
kebutuhan hidup. Kita mengetahui dimana supermarket menyediakan barang yang
kit perlukan karena adanya iklan pada
media massa. Melalui komunikasi massa kita menjadi tahu berbagai macam
informasi.
Dominick(2000)
, dalam melihat fungsi kegunaan komunikasi massa, perlu dilakukan dua bentuk
analisis , yakni analisis makro dan analisis mikro . kedua metode ini
kadangkala memiliki hasil yang sama pada khalayak dalam menyerap informasi yang
disampaikan media massa. Tetapi bukan berarti khalayak memiliki kesamaan dalam
menggunakan media massa.
Gamble
dan Gamble(2001) mengatakan, sejak lahir sampai meninggal , semua bentuk
komunikasi memainkan peranan dan menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan
manusia. Apa pun pekerjaan, kegiatan atau waktu luang seseorang, komunikasi
merupakan salah satu faktor yang memiliki peranan dalam kehidupan mereka . bila kita menganalisa bagaimana orang-orang
menghabiskan waktu luang dari waktu kesehariannya dalam bekerja, maka sebagian
besar aktivitas mereka dihabiskan untuk berkomunikasi.
Kita
banyak menghabiskan waktu dengan berbagai bentuk komunikasi massa. Di Indonesia
dengan adanya lebih dari 10 stasiun televisi nasional, ratusan radio, ratusan
surat kabar dan majalah, serta ratusan bioskop-bioskop di mall, banyak orang
yang diterpa atau menerpakan diri pada madia massa tsb.
Komentar
Posting Komentar